Selasa, 23 Desember 2008

PROFIL PONDOK PESANTREN

PONDOK PESANTREN
HIDAYATUL INSAN FII TA’LIMIDDIN



LATAR BELAKANG


Pondok Pesantren Hidayatul Insan Fii Ta’limiddin merupakan lembaga pendidikan yang salah satu orientasinya bergerak dibidang pendidikan keagamaan. Didirikan pada tahun 1987 yang dirintis oleh KH. Ibrahim dan Drs. H. Ahmad Sanusi.
Latar belakang yang menjadi motivasi pendirian Pondok Pesantren tersebut adalah karena melihat kondisi beragama di Kota Palangka Raya khususnya dan Kalimantan Tengah pada umumnya yang pada waktu itu sangat kurang, ditandai dengan terbatasnya jumlah sarana pendidikan Agama dan Majelis Ta’lim, kurangnya jumlah pemuka Agama yang memimpin umat, dan pola prilaku masyarakat yang kurang Islami dan bertentangan dengan norma-norma hukum yang berlaku seperti perjudian, minuman keras, masalah kenakalan remaja, dekadensi moral, prostitusi dan sebagainya.

ASAZ DAN TUJUAN

Azas yang menjadi landasan operasional dari yayasan Pondok Pesantren meliputi Al-Qur’an dan Al-Hadist,Pancasila serta GBHN 1993/1998 yang menekankan kepada upaya pembinaan terhadap kualitas sumberdaya manusia secara serasi, seimbang dan selaras, sehingga tidak saja ia hanya menguasai IPTEK akan tetapi juga ia memiliki landasan iman dan taqwa yang kuat kepada Allah SWT.
Tujuan yang ingin di sampaikan dari kegiatan Pondok Pesantren Hidayatul Insan Fii Ta’limiddin disamping jihad fii sabilillah dalam rangka syiar agama islam adalah membantu pemerintah daerah dalam rangka supaya mewujudkan kualitas sumberdaya manusia, sehingga diharapakan akan mampu menjadi patriot dan pelopor pembangunan serta bersikap dan berperilaku normatif sesuai dengan norma-norma dan kaidah hukum yang berlaku.






KEGIATAN

Ruang lingkup kegiatan Yayasan Pondok Pesantren yang dilaksanakan pada umumnya lebih ditekankan kepada hal-hal yang berkaitan dengan pembinaan terhadap masyarakat khususnya yang berkaitan dengan aspek keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT,dalam menjalankan salah satu fungsinya sebagai lembaga pendidikan maka pondok pesantren mengadakan pendidikan baik formal maupun non formal. Pendidikan formal yaitu pendidikan berjenjang Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah. Untuk Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah Menggunakan perpaduan antara kurikulum Pondok Pesantren Modern Gontor dan Departemen Agama dan santri sudah dibiasakan untuk berbicara dalam bahasa Arab dan Inggris selama kegiatan belajar dan mengajar berlangsung. Pendidikan non formal adalah TK/TPA dan Madrasah Diniyah Al-Masaiyah yang menggunakan kurikulum Pesantren salafiyah dan Pondok Modern Gontor.
Pondok Pesantren juga menyelenggarakan Majelis Ta’lim yang pelaksanaannya didalam dipusatkan dimasjid Hasbunallah Komplek Pondok Pesantren,antara lain: Pengajian Ibu-ibu setiap hari minggu, Pengajian Bapak-bapak setiap malam jum’at.
Untuk meningkatkan wawasan dan keterampilan santri, diselenggerakan beberapa macam latihan atau kursus yaitu: latihan kepramukan setiap hari kamis sore yang diikuti oleh seluruh santri, Latihan Muhadharah (pidato) dalam tiga bahasa yaitu Bahasa Arab, Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia, kursus seni Baca Al-Qur’an, Seni Qasidah / Rebana, Seni Hadrah, Ketrampilan Menjahit, Kaligrafi, Lukis, dan Komputer.
Kegiatan social kemasyarakatan pun juga diselanggarakan oleh Pondok Pesantren Hidayatul Insan Fii Ta’limiddin, antara lain meliputi : Penampungan dan Pengasuhan anak yatim piatu dan anak terlantar, Penampungan dan perawatan orang lanjut usia (lansia), Pelayanan masyarakat, dan Pembinaan Mu’alaf.





KONDISI
Pondok Pesantren Hidayatul Insan Fii Ta’limiddin terletak di Jalan Sulawesi No.76 Palangka Raya. Letak Pondok Pesantren sangat strategis karena berada di Kota Palangka Raya, dekat dengan pasar atau pusat perbelanjaan dan tempat-tempat yang lain.
Pondok Pesantren Hidayatul Insan Fii Ta’limiddin mempunyai sarana dan prasarana yang memadai untuk mendukung atas kelancaran dari kegiatan yang ada. Sarana yang dimiliki antara lain adalah gedung sekolah, kantor, masjid, asrama santri, asrama guru, dan wc / toilet.
Untuk saat ini jumlah santri Madrasah Ibtidaiyah 280 santri Madrasah Tsanawiyah 140 santri, Madrasah Aliyah 128 santri Madrasah Diniyah 150 sedangkan santri yang bermukim di Asrama sebanyak 60

3 komentar:

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum, bagaimana cara mendaftarkan santri?

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum, bagaimana cara mendaftarkan santri?

Unknown mengatakan...

Assalamuallaikum, apakah di pesantren ini ada sekolah TK