Senin, 02 Desember 2013

ULANGAN SEMESTER : Yukrom Auw Yuhan

Suasana Ulangan Tahriri (tulis)
Terhitung dari tanggal 2 Desember 2013, Pontren Hidayatul Insan mengadakan Ulangan Semester Ganjil tahun ajaran 2013-2014. Dengan sistem pendidikan yang salah satu kiblatnya adalah PM Gontor Ponorogo, Hidayatul Insan juga menerapkan sistem ulangan yang sama. Yaitu ulangan Safahi (lisan) dan Tahriri (tulis). Ulangan Lisan dilaksanakan pada tanggal 2-3 Des 2013 sedangkan Ulangan Tulis dilaksanakan pada tanggal 5-14 Des 2013. Ulangan Lisan terdiri dari Ulangan Al-Quran dan Ulangan Bahasa Arab.
Suasana Ulangan Safahi (lisan)
Ulangan Al-Quran di antaranya berisi ; kemampuan baca al-Quran, Tajwid, Hafalan Juz 'Amma, Do'a-do'a dan Amaliah. Adapun Ulangan Bahasa Arab berisi; Muhadatsah, Mufrodat, Mahfudzot, dan Imla'. Sedangkan ulangan Lisan merupakan ulangan yang terpadu dari kurikulum Kemenag, Diknas dan Gontor.
Dengan konsep Al-imtihanu li at-Ta'allum (ulangan untuk belajar), pontren Hidayatul Insan mengedepankan kualitas hasil yang maksimal bukan sekedar mencari nilai untuk laporan di laport belaka. Para santri dibekali dengan semboyan "Bil-imtihani yukromul mar'u auw yuhaan"; dengan ulangan/ujian seseorang akan dimuliakan atau sebaliknya akan dihinakan. Mulia jika mereka mendapatkan nilai yang memang seharusnya mereka dapatkan dan hina jika mereka mendapat nilai yang tak seharusnya mereka dapatkan. 
Kembali semua tujuan dari imtihan adalah untuk mengukur keaktifan dan kemampuan santri dalam menguasai pelajaran, sehingga harapannya santri mampu memahami kadar kualitas keilmuannya dalam masing-masing disiplin ilmu.

Tidak ada komentar: